Selasa, 24 Januari 2017

Bisnis Minuman Bubble

Diposting oleh Unknown di 19.36

I.                   Latar Belakang
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga kaum tua. Pada era globalisasi saat ini, masyarakat indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut. Padahal, kalau kita memahami apa bisnis tersebut, kita akan mendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas bisnis tersebut. Bisnis minuman yang saya tawarkan adalah minuman bubble yaitu usaha yang bergerak di bidang penjualan minuman segar yang terdiri dari pilihan varian rasa dengan menambahkan dengan bahan gula pasir, dan bola-bola pearl atau buble yang semakin menambah penampilan kian menggugah selera. Segelas minuman bubble dapat sebagai pelepas rasa dahaga yang menjadi pelengkap dalam kegiatan bersantai.
Rencana tempat usaha ini adalah di sebuah kios sederhana, yang berlokasi tidak jauh dari sekolah atau kampus. Meskipun penjualan minuman bubble ini di sebuah kios sederhana, saya akan merancang tempat ini sehingga menjadi kios yang menarik, nyaman sehingga para pengunjung yang datang untuk melepas  rasa dahaga akan merasa senang dan betah ketika menikmati minuman bubble ini.

II.                Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis ini ke depan adalah dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen atau pelanggan minuman bubble ini, maka diharapkan akan terbuka kesempatan untuk melakukan perluasan  usaha dengan  membuka cabang-cabang di daerah yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen dan diharapkan kedepannya dapat menjadi usaha franchise.

III.             Struktur Organisasi
 













IV.             Gambaran Produk
Bubble drink / bubble tea dikenal juga dengan nama boba milk tea yang merupakan minuman yang berasal dari taiwan. Minuman ini sebelumnya adalah minuman teh yang dicampur susu atau buah yang ditambahkan tapioca pearl yang berbahan dari tepung tapioca yang menghasilkan bulatan kenyal. Dengan berbagai banyak rasa pilihan tapioca pearl ditambahkan kedalam minuman, sehingga selain menghilangakan haus juga dapat mengenyangkan. Aneka rasa dengan ditambah gula dan di blender jadi satu, kemudian diberikan bubble. Aneka rasa yang tersedia adalah:
- original milk tea
- matcha
- strawberry
- chocolate
- cappucino
- taro
Big Bubble Minuman Segar Hadirkan 30 Varian Rasa
Gambar produk

V.                Target Pasar
Lokasi kios minuman bubble ini direncanakan dekat dengan lokasi sekolah atau kampus dikarenakan arget pasar dalam bisnis minuman bubble ini adalah kalangan anak sekolah SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Kios buka dari jam 9.00 sampai jam 17.00 dengan pertimbangan kemungkinan penjualan maksimum pada siang hari saat jam istirahat atau pulang sekolah.

VI.             Analisis SWOT
Sebelum pendirian bisnis buble rasa-rasa ini dengan terlebih dahulu dilakukan analisis SWOT yaitu Strength,  Weakness, Opportunities, dan Threath. Berikut merupakan analisis SWOT bisnis bubble rasa-rasa.















Eksternal / Internal
O (Oppurtunities)
-   Inovasi menu
-   Pemasaran diperluas
-   Daya beli konsumen meningkat
-   Penambahan tenaga kerja
-   lokasi strategis
T (Threats)
-   Banyaknya bisnis sejenis
-   Banyak pesaing yang lebih menarik konsumen
-   Konsumen bosan dengan varian rasa yang terbatas
-   Kurangnya fasilitas yang mempengaruhi kenyamanan konsumen
S (Strenght)
-   Fasilitas mencukupi
-   Bahan mudah didapatkan
-   Harga terjangkau
-   Proses pembuatan minuman bubble cepat dan mudah sehingga konsumen tdk perlu menungggu lama

               Strategi SO
-   Perlunya penambahan tenaga kerja mengingat banyaknya konsumen dengan lokasi yang strategis
Strategi ST
-   Menambah fasilitas tambahan yang dapat menunjang kenyamanan bagi konsumen
-   Membuat inovasi pada minuman bubble

W (Weakness)
-   Sudah banyak pendahulu
-   Banyak pesaing
Strategi WO
-   Menambah menu baru
Strategi WT
-   Penekanan harga


VII.          Finansial Usaha
Berikut ini merupakan anggaran investasi bisnis bubble rasa-rasa.

Furniture  : Rp 10.000.000,-
Gelas           : Rp 2.000.000,-
Alat admin : Rp 2.000.000,-
Dekorasi     : Rp 5.000.000,-
Total            : Rp 19.000.000,-
Biaya Operasional
-          Biaya sewa kios                     : Rp 2.000.000,-
-          Gaji cashier (1 org)              : Rp 2.000.000,-
-          Gaji Waiters (4 org)             : Rp 2.000.000,-
-          Biaya Listrik dan Air             : Rp 500.000,-
-          Biaya Admisnistrasi              : Rp 100.000,-
-          Biaya Kebersihan                  : Rp 500.000,-
-          Total                                       : Rp 7.100.000,-
Biaya operasional harian:

BOP    : Rp 7.100.000/22       = Rp 322.727.300,-

2 komentar:

12 IPA 2 mengatakan...

terimakasih, sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat

Posting Komentar

 

Hapsari Hanugrahani Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea